31 Mei 2018

Rokok atau sedekah?

Hari ini (Hari Tanpa Tembakau Sedunia) adalah saat yang tepat untuk menayangkan lagi video ini, kebetulan pas bulan puasa. Semoga ada yang mendapatkan "pencerahan".


3 komentar:

Lol Meme's mengatakan...

Assalamualaikum dok, salam dari dokter subagyo pasar rebo, saya kebetulan pasien beliau. Mohon tanya dok, sy penderita bronkiektasis berusia 41 tahun yg terdiagnosis pd 2014. Beberapa hari ini sering dispnea walaupun pagi dan malam sudah menggunakan swinghaler meptin dan obucort. Karena jadwal dokter sy masih seminggu lagi, bolehkah sementara sy minum salbutamol 2 mg, ambroxol, dan methylprednisolone 4 mg, Adakah kontraindikasi dengan amlodipine dan arorvastatin? Terima kasih dok. Mohon teruskan menulis dok. Sangat langka ada web kesehatan nonhoaks yang mendalam dan ditulis pakar lagi gratisan seperti klikparu. Semoga menjadi lahan ibadah dan amal jariah ilmu bermanfaat bagi dokter ahmad subagyo. Terhatur terima kasih sekali lagi dok.

Ahmad Subagyo mengatakan...

Wa alaikum salam, salam hormat untuk guru saya mas Subagyo. Bila biasanya kondisinya baik dengan kedua swinghaler (meptin dan obucort) dan beberapa hari ini sesak, kemungkinan saat ini lagi ada masalah lain sehingga bronkiektasis yang biasanya terkontrol dengan kedua obat tersebut, menjadi menjadi tidak atau kurang terkontrol. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter, bila tidak sempat silahkan obat tsb digunakan untuk satu atau dua hari, bila belum ada perbaikan tetap harus ke dokter.

Satrio mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih advisnya dok. Mohon maaf dok di postingan sebelumnya lupa memperkenalkan diri. Nama sy satrio. Terhatur terima kasih sekali lagi dok. Kalau boleh mengajukan permohonan tema tulisan manakala memungkinkan, kiranya dokter bisa menulis ttg fibrosis paru dan dos and donts soal makanan atau buah yg cocok/tdk cocok bagi pengidap be dan ppok. Semoga Allah senantiasa memberikan keafiatan selalu bagi dokter ahmad subagyo untuk terus berbagi ilmu dan pencerahan. Di bidang kedokteran, dokter adl penulis favorit sy selain prof samsuridjal jauzi, dr kartono mohamad, dr hans nadra, dan dr handrawan nadesul.